Home / Liga Indonesia / Inilah Lapangan / Venue Final IIC 2014

Inilah Lapangan / Venue Final IIC 2014

SoccerGo! – PT Liga Indonesia (Liga) menetapkan Stadion Gelora Delta Sidoarjo, untuk dijadikan sebagai venue final Inter Island Cup (IIC) 2014, tepatnya pada tanggal 25 Januari mendatang. Sementara untuk babak delapan besar ajang pemanasan tersebut, venue Manahan Solo dan Stadion Kanjuruhan Malang, berhasil ditunjuk sebagai dua stadion penyelenggara.

Dituturkan CEO Liga Joko Driyono, bahwa dipilihnya Stadion Gelora Delta sebagai venue pelaksanaan partai final disebabkan beberapa hal. Kemudian faktor keamanan menjadi salah satu yang utama. Lelaki yang juga menjabat sebagai Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI ini menambahkan, kalau penyelenggaraan partai final di Sidoarjo sudah mendapat lampu hijau dari pihak keamanan setempat.

“IIC 2014 selesai untuk babak penyisihan. Dimana yang tersisa hari ini (kemarin) di Bandung dan Kediri. Selanjutnya liga pun sudah memutuskan untuk tuan rumah babak delapan besar akan digelar di Solo (Stadion Manahan) dan Malang (Stadion Kanjuruhan). Ini sudah keputusan bersama. Semua pihak wajib mengikuti keputusan tersebut. Sebab hal ini sudah diperhitungkan matang – matang. ” ujar CEO Liga, Joko Driyono, kemarin.

“Dan setelah melakukan diskusi intens dengan klub-klub peserta. Akhirnya dengan segala pertimbangan maka dipilih babak delapan besar digelar di Malang dan Solo. Sedangkan untuk putaran final akan dilaksanakan di Sidoarjo (Stadion Gelora Delta). Sekali lagi saya sampaikan bahwa itu adalah keputusan bersama yang didapat dari rapat antara panitia penyelenggara dengan staff tim masing – masing. ” sambungnya.

Dalam babak delapan besar sendiri, yang dimana Grup A yang dimainkan di Stadion Kanjuruhan akan mempertemukan Sriwijaya FC (SFC), kemudian Arema Cronus,serta Barito Putra dan Perseru Serui. Disisi lain, untuk Grup B di Stadion Manahan akan di isi juara Jawa 1 (Persib Bandung/ Pelita Bandung Raya), kemudian Jawa 3 (Persik Kediri), serta Persiram Raja Ampat dan Mitra Kukar.

Disamping telah menetapkan beberapa venue babak delapan besar dan final IIC 2014 sekaligus pembagian grup di babak delapan besar, PT Liga pun kembali memberikan subsidi kepada klub-klub kontestan. Serupa seperti awal digelarnya IIC, karena Liga kembali mengucurkan subsidi kepada delapan klub yang menembus babak delapan besar. Masing – masing klub diguyur subsidi sebesar Rp 100 juta.

“Semua klub peserta yang lolos ke babak delapan besar, akan di subsidi Liga sebesar Rp 100 juta. Uang subsidi dengan jumlah tersebut juga sudah diterima oleh semua klub di fase penyisihan. Tim – tim peserta menanggung sendiri biaya akomodasi. Mereka wajib melakukan hal tersebut.” tandas Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono.