Home / Liga Inggris / Manajer Liverpool Ingin Lebih Banyak Gol dari Sterling, Coutinho dan Henderson

Manajer Liverpool Ingin Lebih Banyak Gol dari Sterling, Coutinho dan Henderson

SoccerGo! Walaupun Liverpool tajam di Liga Inggris, peran dan kontribusi para gelandangnya masih kurang oke. Ketiga gelandang yang dimaksud adalah winger lincah Raheem Sterling, playmaker muda Philippe Coutinho dan Jordan Henderson diminta lebih tajam lagi.

Kendati hanya menempati posisi empat di klasemen liga, The Reds mampu tampil tajam dengan mencetak 51 gol. Dalam urusan ini Si Merah hanya kalah dari Manchester City yang membukukan 59 gol.

Tetapi satu hal yang jadi sorotan, yakni lebih dari separuh perolehan gol mereka disumbangkan oleh duo Luis Suarez dan Daniel Sturridge. Kedua penyerang haus gol itu sudah berhasil total membukukan 32 gol, yaitu dengan rinciannya adalah Luis Suarez menyumbang 22 gol sementara 10 gol lainnya oleh Sturridge.

Biarpun catatan tersebut positif untuk para penyerang, namun di sisi lain menunjukkan kurangnya kontribusi gol dari para pemain lainnya, yang utamanya dari lini kedua yakni gelandang serang.

Sudah sepanjang musim ini, klub Merseyside tersebut paling banyak menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan mempertimbangkan silih bergantinya Suarez dan Sturridge absen. Guna menyokong ujung tombak, Brendan Rodgers biasanya memasang trio Jordan Henderson, Philippe Coutinho dan Sterling di lini gelandang serang.

Trio gelandang muda tersebut memang cukup berkontribusi dalam mengkreasi gol, walaupun masih terbilang biasa saja. Keseluruhan sudah ada sembilan assist diciptakan dengan rincian lima oleh Henderson sementara Coutinho dan Sterling masing-masing duaassist.

Tetapi sayangnya dalam urusan mencetak gol, ketiga pemain ini masih kurang bertaji. Hanya enam gol dilesakkan, yang di mana tiga ditorehkan oleh Sterling, kemudian dua oleh Coutinho dan satu oleh Henderson. Sehingga catatan inilah yang diminta Rodgers untuk diperbaiki.

“Tanggung jawab mencetak gol selalu jadi milik tim. Namun kami selalu ingin lebih. Saat Anda bermain dalam posisi menyerang sedemikian rupa adalah tugas Anda untuk menciptakan peluang dan mencetak gol. Terlebih seorang pemain dengan kualitas seperti mereka akan menyatakan ingin lebih banyak gol dan jelas saya akan menuntut lebih banyak gol dari mereka. Tim ini sebelumnya juga jadi tim pencetak gol terbanyak di bulan terakhir tahun lalu, sehingga saya masih berpikir kami punya cukup amunisi untu mencetak gol. ” katanya seperti dikutipGuardian.

“Tapi demi perkembangan dan peningkatan Raheem, maka dia perlu mengkreasi dan mencetak lebih banyak gol. Sementara saya pikir Coutinho juga akan mencetak lebih banyak gol. Bahkan saya melihatnya sebagai tipe Luka Modric. Kemudian ketika Anda melihat Modric saat empat tahun membela Tottenham, memang dia mencetak 13 gol di liga tapi pengaruhnya masif dan Coutinho adalah tipe seperti itu. Semaklumnya dia akan mendapatkan lebih banyak gol tapi dia adalah pemain yang menakjubkan untuk kami, terlebih dia adalah kunci yang membuka banyak hal di sebuah laga.” tandas pria 40 tahun tersebut.