Home / Liga Inggris / Pemerintah Brazil siapkan satuan anti hura – hara khusus Piala Dunia 2014

Pemerintah Brazil siapkan satuan anti hura – hara khusus Piala Dunia 2014

SoccerGo!Arus demonstrasi menentang Piala Dunia di Brasil sampai di bulan pertama 2014 ini belum juga surut. Gelombang unjuk rasa terus terjadi dalam skala besar maupun kecil. Pemerintah Brasil pun membuat upaya preventif guna gelaran sepakbola terbesar itu tetap bergulir lancar.

Salah satu langkah baru Brasil adalah menggalang sebuah satuan khusus anti huru-hara. Tentu tugasnya untuk mencegah gangguan keamanan selama Piala Dunia edisi ke-20 itu tak dicederai ulah tak terduga para demonstran di 12 kota penyelenggara.

Kepala Kesatuan Keamanan Elite Nasional Brasil, Kolonel (Polisi) Alexandre Augusto Aragon mengatakan akan membentuk satuan khusus itu dengan 10 ribu personel yang akan diseleksi ketat dari berbagai satuan kepolisian Brasil.

“Kami menyadari dan mengkhawatirkan masalah keamanan selama Piala Dunia, sebelum para pemrotes menggelar demonstrasi lagi awal tahun ini,” ujar Kolonel Aragon, sebagaimana diwartakan SportsFan, Sabtu (4/1/2014).

“Kami tak ingin menunggu ada gangguan terjadi terlebih dulu sebelum bisa dicegah. Apalagi kekerasan yang terjadi akibat sejumlah protes akhir-akhir ini sudah cukup mencemaskan kami,” lanjutnya.

Para pengunjuk rasa sempat menebar ancaman saat Piala Dunia akan dibuka, Juni mendatang dengan berencana mendatangkan sekitar satu juta massa, untuk turun di berbagan jalan-jalan vital Brasil. Mereka masih mengusung tuntutan yang sama, yakni menentang Piala Dunia yang hanya menghabiskan dana negara demi sekadar gelaran pesta sepakbola.

Padahal buat mereka, masih ada sejumlah masalah yang lebih genting untuk dijadikan fokus pencairan dana pemerintah, seperti penekanan tarif angkutan umum, buruknya layanan masyarakat hingga pemberantasan korupsi.

Langkah pembentukan satuan khusus anti huru-hara ini juga sekaligus menjawab permintaan sekretaris jenderal FIFA, Jérôme Valcke yang berharap, Brasil bisa menyediakan keamanan tingat tinggi agar jalannya Piala Dunia tak terganggu.