Home / Liga Indonesia / Persipura fokuskan lagi ke ISL musim depan

Persipura fokuskan lagi ke ISL musim depan

SoccerGo!Hasil buruk Persipura Jayapura di Inter Island Cup (IIC) 2014, tidak ingin diratapi berlarut. Jawara ISL tahun lalu itu menyatakan siap memperbaiki performa di kompetisi musim depan.

Bestatus jawara kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012/2013, gagal di IIC tentu jadi tamparan keras bagi kesiapan Persipura dalam mempertahankan gelar. Terlebih Persipura sendiri dinilai sebagai raja kompetisi Tanah Air, setelah format ISL dipatenkan PSSI sebagai kompetisi kasta tertinggi Indonesia. Yaitu dengan tiga gelar juara (2008/2009, 2010/2011, dan 2012/2013) dan dua kali duduk sebagai runner up (2009/2010 dan 2011/202).

Melihat awalan buruk yang dialami tim besutannya, Jacksen engga jadikan hal itu sebagai problem besar. Pelatih berpaspor Brasil ini malah tidak kawatir dengan hasil buruk yang didapat Ferinando Pahabol dkk di ajang pemanasan sebelum kompetisi sesungguhnya digelar. Jacksen sendiri sadar, banyaknya perubahan diskuad besutannya saat ini, membuat performa Persipura di IIC dipastikan tidak akan maksimal.

Seperti dikabarkan sebelumnya, Persipura memang banyak ditinggal pemain utama di musim lalu. Contoh Zah Rahan Krangar dan Patrich Wanggai yang sama-sama hengkang ke Liga Malaysia. Jika Zah Rahan ke Felda United FC, Wanggai berseragam T Team. Dilanjut hengkangnya dua tembok pertahanan seperti Otavio Dutra ke Gresik United dan Ricardo Salampessy yang sedang mengurus kepindahannya ke Persebaya Surabaya.

“Kami tidak kawatir dengan hasil ini (IIC). Karena memang dari awal kami tahu, setelah tim ini banyak melakukan berbagai perubahan, akan jadi tidak menguntungkan saat kami berlaga di ajang Inter Island Cup,” ungkap Jacksen, saat dihubungi KORAN SINDO, kemarin.

“Apalagi sampai pertengahan Desember kemarin, kami sebenarnya belum tahu jika IIC akan di gelar. Sehingga kami tidak melakukan berbagai uji coba pra musim seperti tim-tim lainnya. Tapi itu tidak kami jadikan alasan. Karena memang kami butuh banyak evaluasi lagi,” sambung mantan pelatih tim nasional (timnas) Indonesia tersebut.

Melupakan hasil minor di IIC dan fokus pada kompetisi sesungguhnya jadi incaran Jacksen. Setelah IIC, tim Mutiara Hitam menurutnya akan menggelar masa-masa persiapan yang lebih intens. Dan fokus yang akan dikejar dalam masa-masa persiapan Persipura adalah, demi mengejar prestasi di ajang Piala AFC 2014 dan tentu saja mempertahankan gelar ISL.

Jika usaha Persipura mempertahankan gelar ISL terjadi, Persipura akan mematahkan mitos tidak ada satu pun klub yang mampu memegang gelar ISL selama dua musim berturut-turut. Selain itu, Persipura pun akan berusaha mencatatkan sejarah baru bagi sepakbola Indonesia di ajang Piala AFC. Dimana pencapaian terbaik klub-klub Indonesia di ajang Piala AFC hanya sebatas semifinalis.

“Di IIC kemarin, juga jadi ajang uji coba bagi beberapa pemain yang baru kami rekrut. Itu jadi hal yang menguntungkan tentunya bagi kami. Karena fokus kami ke depan tidaklah mudah. Selain berusaha mempertahankan gelar ISL, kami juga akan berjuang di Piala AFC 2014. Kami harus bisa membagi konsentrasi dengan baik di dua ajang penting tersebut,” papar Jacksen.