Home / Berita Bola / FA Cup / The Citizens Luluh Lantahkan Blackburn di Etihad Stadium

The Citizens Luluh Lantahkan Blackburn di Etihad Stadium

SoccerGo!Akhirnya sia-sia saja ternyata Blackburn Rovers memainkan partai ulangan setelah di pertemuan sebelumnya sukses menahan imbang Manchester City 1-1 di kandang sendiri. Bertandang ke markas City di laga replay babak ketiga FA Cup, klub kasta kedua Liga Inggris itu diberangus lima gol tanpa balas.

Pelatih Manuel Pellegrini tak membuat perubahan besar seperti pertemuan pertama di kandang Blackburn. Beberapa pelapis mendominasi starting IX. Meski begitu City tetap memegang inisiatif serangan seperti peluang Edin Dzeko di menit kedelapan. Namun tembakan Dzeko masih tipis melayang di atas mistar gawang Paul Robinson.

Sementara dari lini tengah, gelandang Javi García merasa punya peluang melayangkan tembakan spekulatif keras mendatar di menit ke-25. Sayang upaya gelandang City asal Spanyol ini harus sia-sia setelah Robinson melakukan penyelamatan.

Peluang The Citizens begitu dekat membuka keunggulan 10 menit berselang. Tetapi nahasnya crossing deras Jesús Navas gagal diteruskan Álvaro Negredo maupun Fernandinho Rosa yang terlambat mengulurkan sontekan kaki! Selamatlah gawang Blackburn.

Namun sebelum mengakhiri paruh pertama, yang tepatnya menit ke-45+1 akhirnya Etihad Stadium bergemuruh. Dimana tepatnya timing Negredo yang menyambut umpan silang Fernandinho dengan sempurna ditanduk melewati lonjakan Robinson. Paruh pertama rampung dengan keunggulan 1-0 City atas Blackburn

Berlanjut pada interval kedua, Manuel Pellegrini memutuskan menarik keluar Fernandinho dengan memasukkan Aleksandar Kolarov. Suatu keputusan tepat lantaran baru dua menit turun, Alexander Kolarov membidani lahirnya gol kedua The Eastlands kepada Negredo, untuk memperdaya kiper baru Blackburn Simon Eastwood. Manchester City dua, sedangkan Blackburn nol.

Untuk gol kedua itu itu ternyata jadi pelecut City untuk tampil lebih trengginas. Kubu The Riversiders pun luluh lantak dengan empat gol beruntun berikutnya dari Dzeko serta Sergio Agüero yang berangkat dari bench.

Dimana gol pertama Dzeko tercipta di menit ke-67 dengan memanfaatkan kualitas tekniknya di area penalti The Rovers hingga melepaskan dirinya dari kawalan bek-bek lawan. Sampainya di hadapan Eastwood tanpa ampun Dzeko melayangkan penyelesaian. Skor 3-0 untuk City.

Sergio Agüero yang masuk menggantikan Negredo tak ketinggalan untuk comeback dari cederanya dengan gol ketiga Manchester Biru. Yang tepatnya di menit ke-73 atau baru 50 detik masuk ke lapangan, striker internasional Argentina itu mengelabui Eastwood dengan first touch-nya. Skor 4-0 buat tuan rumah.

Belum puas dengan cuma satu gol, Edin Dzeko menghajar lagi gawang tim tamu di menit ke-79 guna memperlebar skor, 5-0, setelah menyambut umpan deras Navas. Dimana satu sontekan pelan sudah cukup membuat Eastwood memungut bola dari gawangnya sendiri untuk kesekian kalinya.

Disisi lain Blackburn sudah terlampau loyo untuk bangkit. Pertandingan replay ini pun akhirnya bubar dengan skor telak 5-0 buat City serta memastikan diri melangkah ke babak keempat atau 32 besar untuk menemui Watford 25 Januari mendatang.