Home / Liga Inggris / Usai Catat Rekor Clean Sheet, Kiper Chelsea Diuji MU

Usai Catat Rekor Clean Sheet, Kiper Chelsea Diuji MU

SoccerGo! – Tepat pada akhir pekan lalu, penjaga gawang senior Petr Cech mencatatkan rekor clean sheet untuk Chelsea. Selanjutnya untuk akhir pekan ini, penjaga gawang asal Republik Ceko ini akan diuji oleh anak-anak asuh David Moyes.

Saat Chelsea menundukkan Hull City 2-0 akhir pekan lalu, Petr Cech menorehkan catatan clean sheet-nya yang ke-209 di Chelsea. Rekor tersebut melampaui torehan penjaga gawang Chelsea di era 1970-an, yakni Peter Bonetti yang mencatat 208 clean sheet. Tentunya itu merupakan prestasi yang sangat baik bagi seorang penjaga gawang, yang dimana sekarang Petr Cech sendiri sudah berhasil membuktikan bahwa dia merupakan salah satu penjaga gawang terbaik didunia.

Lalu pertanyaannya adalah bisakah dia menjaga gawangnya tidak kebobolan kala Chelsea menjamu Manchester United hari Minggu (19/1/2014) ini?

Minus striker Wayne Rooney ataupun Robin van Persie, Manchester United memang tampak kesulitan untuk membobol gawang lawan. Sehingga tanpa keduanya, kubu Setan Merah kerap mengandalkan Danny Welbeck dan Javier Hernandez.

Untuk Danny Welbeck sejauh ini sudah menghasilkan 8 gol di Premier League. Saat menghadapi Chelsea, raihan jumlah gol Welbeck hanya kalah dari Eden Hazard, winger lincah asal Belgia yang sudah mencetak 9 gol.

Sedangkan Javier Hernandez, seperti momok bagi Chelsea. Walaupun jumlah golnya tergolong minim musim ini, striker asal Meksiko tersebut tercatat sudah mencetak 7 gol dalam 12 laga melawan Chelsea di semua kompetisi sejak dia bergabung dengan United.

Meskipun ada kekurangan baik Welbeck ataupun Hernandez belakangan kerap buruk dalam penyelesaian akhir. Danny Welbeck membuang percuma satu kesempatan bersih pada laga melawan Swansea City –ketika tendangannya dari depan gawang Swansea melenceng tipis.

Untuk kubu Chelsea sendiri, catatan clean sheet yang ditorehkan Cech bukan hanya pertanda bagusnya si penjaga gawang, namun juga barisan pertahanan. Sebab sebagaimana diketahui bahwa kokohnya pertahanan sebuah tim, tidak hanya bisa mengandalkan kualitas kiper yang baik, melainkan juga harus ada lini pertahanan yang kuat yang mengiringinya .

“Tiap kali ada clean sheet, maka itu berarti si penjaga gawang tidak membiarkan satu gol pun bersarang. Namun yang berperan bukan hanya si penjaga gawang. Sebab pertama-tama ada tim di atas semuanya. Itu sudah pasti. ” ujar pelatih kiper Chelsea, Christophe Lollichon, di situs resmi klub.

“Kami bangga dengan rekor itu dan Petr juga sangat senang. Seluruh pemain pasti ingin mengalahkan rekor seperti itu. Namun ini bukan hanya soal penjaga gawang. Ini menyangkut sebuah tim yang sangat besar dan merupakan salah satu tim terbesar didunia saat ini. ” tegas Lollichon.