Home / Liga Inggris / Jupp Henyckes: Jerman Bukan Satu – Satunya Tim Favorit Juara PD 2014!

Jupp Henyckes: Jerman Bukan Satu – Satunya Tim Favorit Juara PD 2014!

SoccerGo!Eks pelatih Bayern Munich, yakni Jupp Heynckes rupanya sudah sangat percaya bahwa Tim Nasional Jerman memiliki peluang mengangkat Piala Dunia di Brasil musim panas mendatang. Kubu Der Panzer sendiri melaju ke pesta akbar sepakbola dunia itu dengan catatan yang nyaris sempurna.

Mezut Ozil dan kawan – kawan berhasil memastikan diri berlaga di Brasil berstatus sebagai juara Grup C, yaitu dengan catatan sembilan kemenangan dari 10 laga. Sementara di Brasil nanti, skuat arahan Joachim Low itu tergabung di Grup G bersama Amerika Serikat, kemudian perwakilan Afrika Ghana dan salah satu tim kuat Eropa,yakni Portugal.

Kenyataan inilah yang tampaknya membuat pria yang baru saja dianugerahi penghargaan Pelatih Terbaik 2013 versi FIFA itu yakin bahwa Jerman memiliki kans menjadi kampiun di ajang empat tahunan tersebut. Apalagi selama gelaran Piala Dunia, tim nasional Jerman hanya absen dua kali yakni pada tahun 1930 dan 1950.

Kendati begitu, Jupp Heynckes mengingatkan bahwa bukanlah perkara bagi tim-tim asal Eropa menaklukkan Amerika Selatan. Untuk menjadi catatan, sudah selama enam kali Piala Dunia di helat di kawasan Amerika Serikat, belum satu pun wakil Eropa meraih gelar tersebut. Timnas Jerman sendiri hanya mampu meraih posisi runner up saat Piala Dunia 1986 di Meksiko dan sang tuan rumah yang akhirnya tampil sebagai juara.

“Jerman memiliki tim yang sangat muda menjelang Piala Dunia. Namun saya pikir Jerman,kemudian Argentina, serta Brasil dan Spanyol merupakan favorit memenangkan gelar. Tetapi berdasarkan catatan sejarah, maka akan sulit bagi tim asal Eropa untuk berhasil di Amerika Selatan. Sebagaimana yang diketahui bahwa di negara Amerika Latin itu sudah terdapat tuan rumah Brazil, Argentina, Uruguay dan beberapa negara kandidat peraih piala Dunia. Ini tentunya menjadi fakta yang akan sulit dihadapi timnas Jerman. Terutama Brazil dan Argentina, kedua negara ini adalah negara sepakbola yang sudah memiliki skuat yang begitu baik. Tentunya Jerman harus bisa menghindari perjumpaan dengan kedua negara ini diawal – awal kompetisi. ” tutur Heynckes, sebagaimana dilansir Goal, pada hari Selasa (14/1/2014).

Sampai sekarang tim nasional Jerman telah tampil di putaran final sebanyak 16 kali yaitu tahun 1934, tahun 1938, tahun 1954, tahun 1958, tahun 1962, 1966, 1970, 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, serta tahun 2002 dan 2006 ( Jerman bertindak sebagai tuan rumah). Sedangkan prestasi terbaik mereka terjadi di Piala Dunia 1954, kemudian piala Dunia 1974 dan piala Dunia 1990. Sudah saatnya timnas Jerman untuk kembali berprestasi ditingkat dunia. Terlebih skuat yang mereka miliki sudah sangat bagus di semua lininya.