Home / Liga Inggris / Masalah Pertahan dan Kiper Bikin Galau, Ghana Minta Perbaikan

Masalah Pertahan dan Kiper Bikin Galau, Ghana Minta Perbaikan

SoccerGo! – Skuad Ghana memang bisa dibilang lumayan kaya di barisan tengah dan lini serang. Namun untuk lini pertahanan dan sektor kiper ternyata masih bikin sakit kepala. Pastinya problem di dua lini yang tak kalah vital ini jadi pekerjaan rumah yang mesti segera dibereskan jelang dimulainya Piala Dunia 2014.
 
Sudah berhasil untuk bisa mewakili benua Afrika dalam pagelaran Piala Dunia 2014, sekarang salah satu orang yang mewakili  menyampaikan aspirasi fans Ghana, yakni mantan pilar The Black Star Opoku Afriyie menyarankan pelatih James Kwesi Appiah untuk mencari solusinya. Sebab pada lima laga terakhir baik di kualifikasi zona Afrika maupun laga-laga persahabatan, masih belum sekalipun Ghana mampu mengakhiri pertandingan tanpa kejebolan sekalipun. Tentunya hasil – hasil itu tidak bagus bagi Ghana. Mereka sekarang dalam problem lini pertahanan dan masalah penjaga gawang yang belum menemui solusinya.

“Dua pertemuan melawan Mesir di fase akhir kualifikasi Piala Dunia cukup memaparkan kelemahan kiper-kiper kami. Inilah alasannya mengapa Akwasi Appiah harus menghabiskan lebih banyak waktu memonitor kiper-kiper kami yang lain dan hanya memilih mereka yang punya kualitas terbaik.” tutur Afriyie menyarankan.

“Kami butuh tim yang berkualitas jika kami ingin punya pengaruh yang berarti di Brasil dan beruntung buat Ghana. Timnas ini sudah punya para penyerang yang bagus. Sementara untuk lini tengah juga sangat kompak. Sekarang masalah utama yang bikin pusing ada di pertahanan dan kiper. Sammi Appiah harus punya solusi terbaik. ” lanjutnya, seperti dinukil SuperSport, Sabtu (11/1/2014).

Terlebih legenda hidup yang turut memenangi Piala Afrika ketiga buat Ghana di tahun 1978 itu turut urun suara perihal kans Ghana untuk bisa lolos dari Grup G yang juga berisikan dua tim kuat, yakni Jerman dan Portugal serta Amerika Serikat.

“Kami harus punya mental kemenangan. Intinya segalanya tergantung pelatih untuk memilih pemain yang punya kemampuan untuk mengombinasikan pengalaman dengan kualitas, untuk dapat mengantarkan Ghana melaju dari fase Grup.” imbuh mantan pemain yang akrab siapa Bayie itu.

“Jika kami lolos, tentu kami sudah mencapai apa yang pernah diraih di (Piala Dunia) Afrika Selatan 2010. Dimana saya sendiri melihat Grup kami cukup normal dan yang pasti harus berjuang keras memenangkan semua laga. Timnas Ghana hanya harus bermain sebagai satu unit tim dan jika itu bisa dilakukan maka (Piala Dunia) Brasil 2014 akan mendatangkan cerita sukses buat Ghana. ” tuntas Afriyie.