Home / Liga Indonesia / Solo Jadi Opsi Tempat Pra Piala Asia U-23

Solo Jadi Opsi Tempat Pra Piala Asia U-23

PSSI menyebut Solo sebagai salah satu alternatif venue Pra Piala Asia U-23 2016. Padahal, Solo sedang menjalani sebuah hukuman. Hukumannya adalah dilarang menggelar aktivitas sepakbola selama enam bulan terhitung sejak 23 Oktober 2014. Hukuman tersebut dijatuhkan Komisi Disiplin PSSI terkait insiden kerusuhan suporter di babak delapan besar Divisi Utama antara Persis Solo melawan Martapura FC di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Satu orang meninggal dunia dari insiden itu. hukuman tersebut berakhir pada 23 April 2015, tetapi Pra Piala Asia U-23 dijadwalkan digelar 27-31 Maret mendatang.hukuman itu bukan untuk klub (Persis Solo) melainkan buat suporter — supaya lebih bisa mengontrol diri. Dalam enam bulan ke depan, tidak ada lagi aktivitas sepakbola yang sifatnya berada di bawah naungan PSSI di kota tersebut (Solo). Kurang dua minggu sebelum Pra Piala Asia U-23, PSSI sedang “kebingungan” karena Stadion GBK dikhawatirkan tidak cukup “fit” untuk menggelar pertandingan internasional tersebut, karena dua hari sebelumnya digunakan untuk konser musik grup One Direction.

Pengelola GBK telah menegaskan bahwa promotor tur One Direction sudah memesan tempat tersebut semenjak 2 tahun lalu, sedangkan PSSI baru mengajukan jadwalnya per Januari 2015. PSSI mengatakan pihaknya hanya mengikuti ketetapan dari AFC. memilih Solo sebagai tempat cadangan, tapi kemudian ada Bali, ada Palembang. Prinsipnya hanya ada tiga tempat yang diajukan.